Sistem Manajemen Mutu di Perusahaan AQUA

Ulasan tentang manajemen mutu di perusahaan Aqua ingin diketahui oleh banyak konsumen di luar sana. Usaha perusahaan yang terbilang sederhana ini ternyata bisa memberikan keberhasilan pada perusahaan mulai dulu hingga kini. Aqua merupakan label kemasan air mineral yang diproduksi oleh PT. Danone Aqua.

Perusahaan ini resmi didirikan oleh bapak Tirto Utomo pada tahun 1973. Keprihatinan atas kejadian kekeringan yang ada di Indonesia memberikan inspirasi pada beliau untuk bisa menyediakan produksi air bersih yang baik bagi masyarakat.

Dari situlah, air mineral Aqua ini mulai dipasarkan pada masyarakat. Kehadiran Aqua hingga kini mendapatkan sambutan yang baik dari semua konsumennya.

Bahkan sekarang banyak sekali perusahaan air mineral yang melakukan produksi barang serupa dengan perusahaan Aqua dikarenakan perusahaan Aqua yang bisa dijadikan pelopor atau kiblat usaha oleh sebagian perusahaan di Indonesia.

Peta pemasaran produk air mineral Aqua sendiri untuk saat ini tidak hanya dipasarkan dalam negeri melainkan sudah berkelana hingga mancanegara.

Sertifikat ISO 9001 yang didapatkan oleh perusahaan Aqua inilah yang menjadikan produk ini dikenal oleh banyak konsumen dunia.

Fungsi sertifikat ISO 9001 yang diterapkan oleh perusahaan air mineral Aqua ini semata – mata diupayakan sebagai bentuk penerapan sistem manajemen mutu secara global. Dengan kata lain, keberadaan sertifikat ISO 9001 bisa memberikan kepercayaan pada konsumen yang ingin mencoba kualitas produk yang dikeluarkan oleh perusahaan Aqua ini.

Sistem manajemen mutu di perusahaan Aqua dilalui dengan beberapa tahapan penerapan ISO 9001 yang terbagi atas tahapan sebagai berikut :

Langkah – Langkah Penjaminan Manajemen Mutu di Perusahaan Aqua
1. Menilai Gap Analysis yang Ada dalam Perusahaan Aqua
Tahapan yang pertama dalam penerapan ISO di perusahaan Aqua menggunakan analisis proses dan prosedur yang berjalan dalam suatu organisasi. Viewer ISO akan menentukan seberapa besar gap atau perbedaan antara proses produksi perusahaan dengan persyaratan dasar perusahaan yang akan melakukan atau menerapkan ISO.

2. Melakukan Pelatihan dan Persiapan Implementasi ISO
Tahapan kedua ini dilakukan oleh seorang konsultan ISO 9001 : 2008 yang mengajarkan bagaimana cara memberikan pemahaman yang jelas pada karyawan tentang persyartan serta prosedur ISO.

3. Mengupayakan Pengembangan Sistem dan Dokumentasi Perusahaan Aqua
Konsutan ISO 9001 : 2008 mulai melakukan pembenahan pada perusahaan Aqua terkait manual mutu, prosedur yang wajib, instruksi kerja, sampai dengan form – form yang harus dibuat.

4. Impelementasi Sistem dan Dokumen Perusahaan sesuai Persyaratan ISO
Pada tahapan yang keempat, perusahaan Aqua mulai harus melakukan implementasi persyarakat ISO dengan pengaturan sistem manajemen mutu yang sesuai. Ketidaksesuaian syarat yang dilakukan oleh perusahaan ini akan berpengaruh terhadap penilaian audit yang dilakukan oleh perusahaan.

5. Proses Audit Internal dan Tinjauan Manajemen ISO 9001 : 2008
Konsultan akan melakukan pemantauan ulang pada perusahaan Aqua yang menerapkan persyaratan ISO. Penilaian ini sebelumnya juga diimbangi dengan pelatihan perusahaan oleh konsultan ISO 9001 : 2008 tentang cara melakukan audit internal dan tinjauan manajemen.

6. Sertifikasi pada Perusahaan
Setelah penilaian yang dilakukan oleh konsultan terlampaui secara seluruhnya, maka perusahaan aqua yang dinilai memenuhi kriteria kelayakan serta kesesuaian dengan sistem ISO akan langsung mendapatkan sertifikat ISO yang diberikan oleh Badan Sertifikasi yang diakui.

Tahapan penerapan ISO yang terakhir ini dinyatakan sebagai penetuan label kelayakan perusahaan produksi. Itulah 6 langkah penerapan manajemen mutu di perusahaan Aqua yang mendatangkan kesuksesan bagi perusahaan air mineral ini hingga kini.

Slide1

Slide1