Perlukah Ilmu Teknik Mesin Dalam Proses Produksi?

Jika anda seorang manager hebat, apakah anda masih memerlukan seorang yang menguasai teknik mesin dalam perusahaan anda? Jika saya menjadi anda, tentu saya sangat memerlukan ahli teknik mesin karena produksi dalam pabrik juga bergantung dari kelancaran mesinnya.

Ilmu teknik mesin sangat penting untuk operasional pabrik. Dengan mesin yang bekerja optimal maka proses produksi bisa berjalan dengan lancar. Karena itulah ilmu teknik mesin sangat diperlukan untuk perawatan mesin, perakitan alat industri dan berbagai jenis permasalahan dalam industry maupun perusahaan lainnya. Coba jika tidak ada seseorang yang menguasai ilmu teknik mesin dalam perusahaan anda, jika mesin rusak bagaimana jadinya?

Sebenarnya dalam setiap usaha terutama bidang industri ilmu teknik mesin ini sangat diperlukan. Anda sebagai manajer tentu membutuhkan beberapa orang yang ahli mesin untuk manajemen pemeliharaan mesin pabrik. Karena aktiva tetap berupa mesin ini sangat berpengruh dalam produksi sehingga perusahaan mau tak mau harus mencari tenaga yang ahli dalam permesinan.

Ilmu teknik mesin merupakan ilmu yang mempelajari analisa, pemeliharaan, desain, perakitan dan kombinasi berbagai terapan dalam mekanik. Ilmu ini juga penting dalam hal pembuatan atau perakitan mesin industri.

Dalam ilmu teknik mesin seseorang dituntut untuk memiliki kreativitas tinggi, kemampuan dan intelektual yang tinggi. Pernah anda melihat seorang mekanik yang malas, tentu tidak kan? Mereka selalu kreatif dan mampu mengendalikan segmen permesinan dalam pabrik terutama dalam proses produksinya.

Dalam ilmu teknik mesin ini seseorang dituntut untuk menguasai termodinamika, mekanika, ilmu pasti seperti fisika, matematika dan kimia. Semua ilmu tersebut harus dikuasai jika seorang ingin belajar atau mendalami teknik mesin. Dalam ilmu ini banyak bidang yang berhubungan namun seseorang bisa menguasai semua bidang dalam permesinan tersebut.

Dalam industry atau suatu pabrik penerapan ilmu mesin ini sangat penting dan selalu menjadi tuntutan jika perusahaan ingin meminimalkan biaya. Perawatan mesin, perakitan dan juga inovasi dalam pabrik membutuhkan ilmu teknik mesin. Karena itu setiap pabrik terutama bagian produksi selalu berhubungan dengan ilmu ini.

Berikut beberapa kegunaan ilmu teknik mesin dalam perusahaan ataupun pabrik:

  • Perawatan mesin
    Mustahil sebuah perusahaan tidak memiliki seseorang atau beberapa yang menguasai mesin. Tentu perusahaan memilih beberapa orang yang ahli mesin untuk perawatan mesin perusahaan tersebut. Perawatan mesin sangat penting agar asset ini tidak cepat rusak dan proses produksi bisa lancar.
  • Uji kelayakan produksi
    Jika dalam pabrik akan membuat produk baru tentu mesin juga diperhatikan betul. Uji kelayakan produksi ini diperlukan untuk menghasilkan produk baru yang lebih baik lagi. Ilmu teknik mesin memang penting saat uji produk agar keseimbangan produksi dan hasilnya bisa ditingkatkan.
  • Pemeliharaan alat berat dan perakitan
    Dalam industri terutama industri alat-alat berat, ilmu teknik mesin ini sangat diperlukan untuk perakitan dan pemeliharaan alat berat. Selain itu seseorang yang menguasai ilmu ini bisa ditempatkan diberbagai posisi perusahaan terutama posisi perakitan mesin, pengecoran, pemeliharaan, bagian komponen alat berat dan juga desain alat berat pabrik.
  • Bidang usaha lain
    Semua bidang usaha pasti membutuhkan ilmu teknik mesin ini, mereka yang menguasai ilmu ini dibutuhkan pada perusahaan baik BUMN maupun BUMS. Pada PT. PLN, PT. Telkom, Pertamina, perusahaan pertambangan dan juga perusahaan swasta lainnya sangat membutuhkan ahli teknik mesin. Ilmu ini berperan dalam operasional perusahaan baik secara langsung maupun tidak langsung.
Slide1

Slide1