Peran Bagian Produksi dalam Inovasi Pengembangan Produk Baru

Sudahkah anda mendengarkan dan melihat apa yang diinginkan konsumen anda?

Jangan berharap produk anda akan terus mereka beli kalau anda belum berinovasi. Inovasi produk itu sangat penting bukan hanya karena anda ingin produk terus dibeli konsumen tapi anda juga ingin income yang besar, bukan? Kalau anda tidak bisa berinovasi mana mungkin semua itu terjadi.

Kalau tidak ingin membunuh diri sendiri maka anda harus bisa mengubah apa yang tidak sesuai dengan diri anda. Apakah anda rela melepaskan semua yang anda punya karena anda sendiri tidak bisa berubah.

Orang lain punya selera yang berubah-ubah setiap saat, anda pun juga demikian. Nah, sama halnya dengan produk yang anda pasarkan saat ini juga memerlukan inovasi produk.

Sekarang memang orang menyukai produk anda, tapi apakah bulan depan atau tahun depan mereka tetap suka? Bahkan jika ada produk yang sama dengan merek berbeda datang, yakin produk anda akan terus disukai orang di pasaran?

Saya tidak menjamin hal ini bisa membuat anda tidur nyenyak, inovasi produk mengapa tidak? Begitu anda melakukan inovasi, produk yang baru dipasarkan akan bergeser pada produk anda. Tapi tak semudah itu anda berinovasi, konsumen anda bagaimana?

Memangnya jika anda mengubah produk seperti apa yang anda inginkan tanpa mempertimbangkan mereka, anda akan mendapatkan hasil yang terbaik? Jangan bersenang hati dulu, konsumen anda yang menjadi inspirasi inovasi produk tersebut.

Jadilah pengusaha yang inovatif namun dengarkan apa yang diinginkan konsumen. Anda memiliki ide dan kreativitas dalam berinovasi tapi penting bagi anda untuk mendengarkan konsumen.

Inovasi produk yang anda lakukan merupakan suatu perubahan pada produk lama yang telah dipasarkan agar konsumen tetap membeli dan puas dengan produk tersebut.

Bagaimana bisa anda berinovasi namun tidak mengerti apa yang diinginkan konsumen. Untuk melakukan inovasi produk, lihat apa yang diinginkan mereka, dengarkan apa kata mereka dan lakukan yang terbaik bagi mereka. Anda menjual produk untuk anda sendiri atau untuk konsumen?

Jelas mereka, tapi bagaimana mereka puas dan tetap menginginkan produk anda walaupun banyak produk baru beredar?
Untuk melakukan inovasi produk yang efektif, berikut beberapa kiat yang bisa anda praktekkan:

• Dengarkan dan lihat konsumen anda
Dalam berinovasi, hal yang pertama adalah melihat dan mendengarkan reaksi atau tanggapan konsumen tentang produk anda. Anda bisa melihat bagaimana reaksi konsumen terhadap produk tersebut, apakah sangat menyukai, suka, biasa saja atau tidak suka. Berapa banyak produk anda yang terjual dan mengapa mereka bereaksi begitu? Jawaban dari konsumen sangat berpengaruh besar terhadap inovasi produk.

• Lihat pesaing anda
Mustahil dalam bisnis tidak ada pesaingnya, demikian juga dengan produk anda pasti banyak pesaingnya. Lihat pesaing anda dan mengapa konsumen lebih memilih produk pesaing. Jika anda sudah mengetahuinya, pikirkan dan buat inovasi yang lebih baik dari pesaing tersebut.

• Berani beda
Jangan takut membuat produk yang berbeda bahkan tergolong unik, justru ini yang dicari konsumen. Tapi ingat, inovasi produk anda tetap bersumber dari keinginan konsumen.

• Kembangkan ide dengan riset teknologi modern
Hasil inovasi produk anda akan lebih maksimal jika didukung oleh teknologi modern dalam prosesnya. Semakin bagus dan terencana inovasi tersebut, semakin bagus pula produk yang dihasilkan.

• Pemasaran maksimal dan terus melibatkan konsumen
Jangan berhenti pada satu arah saja, anda harus berjalan lebih dari satu arah untuk tetap berinovasi dan mendengar konsumen. Inovasi produk pertama adalah jalan menuju sukses namun inovasi berikutnya adalah jalan menuju puncak kesuksesan anda.

Slide1

Slide1