Manajemen Produksi dan Analisa SWOT Pabrik Sepeda Motor HONDA

Sepeda motor merupakan salah satu alat transportasi yang banyak diminati dewasa ini. Berbagai jenis sepeda motor dengan beberapa brand image banyak tersebar secara luas di pasaran. Kejadian ini sontak menyebabkan konsumen bingung dalam memilih produk yang tepat bagi dirinya.

Peran iklan promosis sepeda motor dibutuhkan secara intens oleh masyarakat sehingga konsumen bisa memilih produk sepeda motor yang tepat untuknya.

Perusahaan Honda ialah industri perancang atau perangkat sepeda motor yang banyak dikenal di pasaran. Kiprah perusahaan otomotif satu ini sudah tidak meragukan lagi kualitasnya bagi konsumen. PT. Astra Honda Motor atau yang biasa disingkat dengan kata AHM ini merupakan nama yang resmi perusahaan sepeda motor Honda yang banyak dikenal di pasaran saat ini.

Jalannya produksi dan pemasaran dari produk sepeda motor Honda ini dukung atas sistem manajemen produksi yang dilakukannya.

Banyak pengertian menyebutkan bahwa “sistem manajemen produksi merupakan sebuah tata laksana yang didalamnya terdiri atas pengaturan dan pengelolaan sumber daya produksi untuk didapatkan hasil produksi yang memuaskan bagi perusahaan maupun konsumen produknya”.

Pelaksanaan sistem manajemen produksi tidak hanya menjadi tanggung jawab oleh beberapa orang yang ada dalam proses produksi melainkan semua orang dalam perusahaan berperan dalam pelaksanaan sistem manajemen produksi.

Inilah fungsi loyalitas bagi pekerja yaitu untuk meningkatkan nilai produksi perusahaan secara bersamaan. Nah, keberlangsungan dari sistem manajemen produksi sepeda motor Honda ini sendiri didukung dengan beberapa kerangka kerja dari perusahaan.

Ulasan kerangka kerja dari perusahaan sepeda motor Honda ini dapat anda temukan dalam bahasan sebagai berikut :

Visi dan Misi Perusahaan Sepeda Motor Honda
Visi merupakan rincian goal (tujuan) yang ingin dicapai oleh perusahaan. Sedangkan untuk misi kerja ini diartikan sebagai langkah kerja yang akan dilakukan oleh perusahaan.

Kerangka visi dan misi yang ada dalam perusahaan sepeda motor Honda ini sendiri terdiri atas :
Visi Perusahaan Honda
Mengambil dan memimpin di pasar motor Indonesia dengan membuat mimpi pelanggan menjadi nyata, menciptakan sukacita pada pelanggan, dan memberikan kontribusi pada masyarakat Indonesia.

Misi Perusahaan Honda
Menciptakan solusi mobilitas pada masyarakat dengan produk dan layanan terbaik.

Tujuan Perusahaan Sepeda Motor Honda
Tujuan diartikan sebagai harapan perusahaan yang bersifat global dengan melibatkan unsur produksi dalam perusahaan. Tujuan dari perusahaan industri pembuat sepeda motor Honda ini sendiri ini diantaranya yaitu :

a. Menjalankan fungsi produksi motor Honda
b. Menjalankan penjualan serta pelayanan purna jual yang lengkap untuk kepuasan pelanggan

Analisis Kesuksesan Perusahaan Sepeda Motor Honda
Kesuksesan kerja dari sebuah perusahaan sepeda motor Honda dapat dilakukan dengan menggunakan kerangka analisis kesuksesan yang dilandaskan pada analisis SWOT. Uraian mengenai kesuksesan perusahaan sepeda motor Honda yang dapat dikaji dalam jalannya sistem manajemen produksi sepeda motor Honda ini diantaranya yaitu :

Sudut Pandang Internal
Kekuatan :
1. Skala usaha Honda yang sudah menjangkau internasional
2. Modal yang dimiliki sudah memadai bagi jalannya produksi
3. Memiliki pabrik perakitan sepeda motor sendiri
4. Memiliki pabrik suku cadang motor
5. Dealer penjualan motor Honda sudah meluas
6. Kapasitas mesin yang irit bahan bakar
7. Harga pasar penjualan produk motor Honda yang bagus

Kelemahan :
1. Desain inovasi pada mesinnya yang kurang
2. Harga suku cadang yang mahal
3. Pabrik perakitan motor Honda belum merata
4. Produksi sepeda motor Honda yang terbatas

Sudut Pandang Eksternal
Peluang :
1. Citra merk sepeda motor yang sudah baik
2. Sepeda motor Honda sesuai dengan geografi wilayah Indonesia
3. Terjangkau untuk perekonomian masyarakat Indonesia

Ancaman :
1. Banyaknya pesaing yang mengeluarkan inovasi sepeda motor baru
2. Banyak kompetitor atau pesaing cabang dealer Honda
Kerangka organisasi dari perusahaan Honda ini yang dijadikan acuan untuk pelaksanaan sistem manajemen produksi sepeda motor Honda yang handal.

Slide1

Slide1