Contoh SOP Bagian Maintenance dan Pemeliharaan

SOP bagian pemeliharaan mesin merupakan landasan dasar yang digunakan oleh perusahaan untuk menciptakan pengendalian fungsi mesin yang ada di perusahaan. Keberadaan mesin produksi menjadi vital dalam sebuah perusahaan.

Tingkat kepentingan mesin produksi dalam jalannya pengelolaan bahan mentah menjadi barang jadi ini membuat perusahaan perlu melakukan pemeliharaan pada mesin produksi di perusahaan.

Perawatan serta pemeliharaan mesin perusahaan dibutuhkan secara langsung oleh perusahaan agar kinerja perusahaan dapat dijalankan dengan lancar serta menghasilkan keuntungan yang optimal.

Mesin produksi ini sendiri terbagi atas 2 macam yaitu mesin elektrikal dan mesin mekanikal. Upaya pemeliharaan aspek mekanikal mesin merupakan usaha yang dilakukan oleh perseorangan atau karyawan pabrik/ perusahaan secara menyeluruh dalam mengawasi dan mengontrol penggunaan mesin sesuai dengan standar operational procedure (SOP) penggunaan mesin tersebut.

Kajian mengenai SOP ini berbeda antar masing – masing jenis mesin perusahaan. Perbedaan jenis mesin dalam pelaksanaan proses produksi inilah yang selanjutnya mengakibatkan SOP antar mesin tersebut juga berbeda pula.

Tak hanya membedakan dalam hal penggunaannya saja tentunya SOP ini juga mengatur pengendalian dampak negatif yang akan didapatkan oleh pekerja yang ada disana jika tidak menjalankan produksi sesuai aturan penggunaan mesin atau peralatan produksi perusahaan.

Selanjutnya, untuk aspek elektrikal mesin dalam perusahaan ini sendiri dapat dicontohkan dalam bentuk peralatan yang otomatis.

Dengan kata lain, peralatan ini dapat berjalan hanya atas kehendak manusia namun tidak harus dipantau terus oleh penggunanya karena gerakkannya yang otomatis. Tidak mudah memang membuat peralatan ini untuk berjalan sesuai dengan harapan penggunanya. Untuk itulah, pemeliharaan aspek elektrikal mesin ini dibutuhkan secara tertatur agar mencegah kerusakan atau hambatan penggunaan aspek elektrikal mesin tersebut.

Cara pemeliharaan ini dapat anda lakukan melalui beberapa metode berikut ini yaitu :

a. Kenalilah bagian tombol peralatan mesin anda
Setiap mesin memiliki bagian kendali yang berbeda. Bagian yang menjadi kendali penggunaan mesin ini yaitu berupa tombol. Seseorang yang menggunakan mesin perlu melakukan pengenalan dengan semua fungsi tombol untuk menunjang pemeliharaan aspek elektrikal mesin perusahaan.

b. Pahami pantangan penggunaan mesin
Setiap mesin yang digunakan dalam produksi sebuah produk memiliki pantangan yang harus dipahami oleh seorang penggunanya. Hal ini dilakukan sebagai upaya pemeliharaan aspek elektrikal mesin semaksimal mungkin.

c. Gunakan mesin sesuai dengan SOP
Penggunaan setiap mesin dalam perusahaan memiliki pedoman yang menjaga kualitas produk yang dihasilkan oleh perusahaan.

Pedoman yang bisa dijadikna acuan dalam penggunaan mesin ini salah satunya yaitu aturan mesin dalam SOP. SOP merupakan standart operational procedure yang dikeluarkan oleh setiap pembuat alat / mesin guna menghindari kerusakan mesin akibat kurangnya pengetahuan penggunanya. Inilah upaya pemeliharaan aspek elektrikal mesin yang bisa dilakukan oleh perusahaan.

Pelaksaanan SOP bagian pemeliharaan mesin produksi ini dijalankan hanya untuk memaksimalkan kegiatan produksi pada perusahaan yang notabene membutuhkan mesin produksi untuk melakukan efisiensi tenaga karyawan dan mengefesienkan waktu produksi yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Nah, bagi anda yang saat ini sedang bekerja dalam perusahaan produksi maka sebaiknya nad sudah memahami secara jelas mengenai batasan penggunaan mesin produksi pada perusahaan.

Semoga segala ulasan SOP bagian pemeliharaan mesin produksi yang ada ini memberikan anda gambaran yang jelas mengenai kebutuhan perusahaan di bidang perawatan inventaris tetap perusahaan.

Slide1

Slide1