Cara Membangun Sistem Otomasi Mesin atau Otomatisasi Produksi

Sistem otomasi mesin banyak dikenal diantara 2 jenis mesin perusahaan yang digunakan selama produksi. Istilah otomasi mesin ini pertama kali dikemukakan oleh seorang tokoh ahli rancangan mesin yaitu Mgr. Fords di Detroit.

Penggunaan kata otomasi dijadikan reformasi dari kata otomatis yang lebih dulu dikenal oleh kalangan pengguna mesin lainnya. Keberadaan otomasi mesin ini selanjutnya juga diartikan beda dengan asal kata otomatis.

Otomasi dalam mesin diartikan sebagai penerapan teknologi yang memanfaatkan aplikasi mekanik elktronik dan sistem komputer untuk mengoperasikan serta mengendalikan operasi dalam produksi.

Dengan kata lain sistem mesin otomasi ini dapat bekerja pada 2 jenis mesin produksi yaitu mesin elektrikal dan mesin mekanik. Bentuk mesin mekanik menjaga kestabilan penggunanya dengan mesin itu sendiri.

Cara penggunaan mesin mekanik yang sederhana menjadikan penggunya untuk menjalankan mesin sesuai dengan ketentuan yang anda. Kehadiran mesin dalam sebuah perusahaan merupakan perlengkapan yang memudahkan manusia atau SDM yang ada disana untuk menjalankan aktivitas produksi. Baik mesin atau manusia tidak ada yang paling penting satu sama lainnya.

Keduanya dilakukan secara bersamaan untuk meningkatkan hasil produksi yang akan didapatkan oleh sebuah perusahaan. Dengan kata lain, satu sama lainnya saling membutuhkan dalam produksi perusahaan. Untuk itulah, penggunaan mesin mekanik ini sendiri dinilai tepat bagi kalangan pembuat produksi dalam skala yang menengah.

Selain mesin mekanik, anda juga harus mengenal apa yang dinamakan dengan mesin elektrikal. Sama halnya dengan mesin mekanikal, jenis mesin elektrikal juga dalam proses pengolahan serta pembuatan sebuah produk perusahaan.

Disamping itu, keoptimalan kerja mesin elektrikal ini nantinya bisa menguntungkan kinerja karyawan serta proses menghasilkan produk yang dibuat perusahaan.

Tidak hanya untuk mendapatkan kinerja yang sesuai menurut kuantitasnya akan tetapi juga diperhitungkan berdasarkan kualitas produk yang dihasilkan.

Untuk itulah, penggunaan mesin elektrikal ini dinilai penting dalam proses menghasilkan produk perusahaan. Nah, setelah mengetahui kedua jenis mesin yang bisa dijalankan dengan sistem otomasi, ada baiknya anda juga harus mengetahui secara jelas tentang sistem otomasi mesin.

Informasi secara detailnya ada dalam bahasan dibawah ini yaitu :

Jenis Sistem Otomasi Mesin
Sistem otomasi mesin dijalankan dengan menggunakan peralatan mesin produksi baik yang berjenis mekanik ataupun elektrik. Beberapa alat yang dipasangkan untuk pengaktifan sistem otomasi mesin ini diantaranya yaitu :

a. Numeric Controlled Machine Tools (NC, CNC)
b. Programmable Controlled (PC atau PLC)
c. Automatics Storage and Retrieval System (AS atau RS)
d. Robotics
e. Flexible Manufacturing Systems (FMS)

Manfaat dari Sistem Otomasi Mesin
Otomasi mesin diartikan sebagai perbaikan diantara prosedur penggunaan mesin yang hanya mengandalkan tenaga manusia dalam produksinya sehingga hasil yang didapatkan tidak terlalu besar karena masih terbatas dengan kemampuan tenaga manusia (SDM) produksi. N

ah, untuk itulah anda harus mengetahui terobosan baru dalam permesinan produksi. Salah satu alatnya yaitu disebut dengan sistem otomasi mesin.

Manfaat otomasi mesin dalam kaitannya dengan mesin produksi ini diantaranya yaitu :
a. Output meningkat (produk yang dihasilkan dalam proses produksi)
b. Ketelitian meningkat (presisi dan akurasi mesin produksi cukup meningkat)

c. Waktu proses produksi menurun
d. Area produksi juga menurun sehingga tidak menggunakan area atau lahan produksi yang luas

e. Jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan lebih menurun sehingga pembiayaan produksi yang digunakan untuk gaji karyawan juga dapat dikeluarkan oleh perusahaan dengan sefektif dan seefisien mungkin. Inilah manfaat besar dari reformasi mesin produksi dengan menggunakan sistem otomasi mesin.

Slide1

Slide1