Tugas Pokok dan Jobdes Seorang Manajer Pabrik

Seandainya anda menjadi manajer pabrik, apakah anda mampu untuk memimpin semua karyawan anda dai berbagai karakter dan juga dengan kemampuan yang berbeda beda? Jangan pernah menganggap sepele seorang manajer, tugas manajer pabrik itu tak cukup satu saja bahkan multi fungsi kalau saya katakan. Menjadi manajer pabrik bukan cuma penampilan yang ganteng atau cantik, bukan karena hartanya dan bukan pula karena dia smart.

Memang smart itu penting tapi manajer tidak bekerja sendiri, karyawan sangat penting bagi seorang manajer. Kadang menjadi manajer juga menyenangkan tapi tak sedikit seorang manajer itu dipusingkan dengan segudang pekerjaan yang ditanggungnya.

Singkat kata, tugas manajer pabrik itu sangat komplek menyangkut tanggung jawabnya dan pertanggungjawaban terhadap pekerjaan bawahannya.

Tugas manager pabrik yang komplek itu tak lain adalah untuk mengatur operasional perusahaan atau pabrik. Coba kalau kita bekerja tanpa seorang pimpinan, seenaknya saja bukan pekerjaan yang diselesaikan karyawannya?

Apalagi jika dalam perusahaan itu tidak ada peraturan yang tegas, inilah mengapa manajer sangat penting dalam perusahaan ataupun pabrik. Manajer kadang dituntut untuk menguasai semua SDM dan juga faktor pendukung perusahaan agar seimbang dalam operasionalnya. Keseimbangan ini akan tercapai jika manager lebih tegas dan lebih komplek dalam pendelegasian tugas dan wewenangnya pada bawahan. Seorang manajer juga tak boleh asal perintah, apa yang diperintahkan harus memiliki landasan atau dasar yang bertujuan untuk perusahaan bukan pribadi.

Gatis - Katalog KPI (Key Performance Indicators) Bagian Produksi + 3 Ebook Dahsyat tentang Ilmu Pengembangan Diri. Download Sekarang.

Menjadi seorang manajer itu multifungsi, benarkah? Seorang manajer juga tidak bisa puas dalam satu hal saja, memang seseorang akan terus berperilaku tidak puas dalam satu hal dan ini yang harus dimiliki manajer.

Tidak puas ketika berkreasi sehingga timbul keinginan untuk berkreasi produk lagi. Tapi seorang manajer bisa menjalankan fungsinya jika dia juga bisa bekerjasama dengan bawahan.

Berikut beberapa tugas manajer pabrik diantaranya:

  • Bertanggung jawab terhadap semua bawahan
    Manajer harus bertanggungjawab dan mempertanggungjawabkan pekerjaan bawahannya. Kesuksesan menjadi seorang manajer tergantung dari bagaimana dia mengatur bawahannya. Jika bawahan tidak bisa diatur dan bekerja seenaknya saja maka sebagai pertanggungjawaban manajer, dia harus mengubah bawahan agar menjadi lebih baik lagi.
  • Pengambil keputusan tertinggi
    Tentu saja dalam perusahaan terdiri dari banyak orang, jika dalam suatu rapat terdapat berbagai pendapat dan ide, manajerlah yang memegang kuasa untuk memutuskan mana yang terbaik bagi perusahaan.
  • Manajer bukan hanya memerintah namun juga mengayomi karyawan
    Jangan harap anda bisa menjalankan tugas manajer pabrik dengan baik jika anda tidak bisa mengayomi karyawan anda. Manajer itu tidak selamanya memerintah tapi juga kadang dia harus mengerti apa yang diinginkan karyawan.
  • Manajer harus menguasai SDM dan juga faktor penting dalam pabrik
    SDM adalah karyawan dan faktor pennting lainnya adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan pabrik. Jika manajer menguasai hal tersebut maka dia bisa menjalankan tugasnya dengan mudah.
  • Mengatur manajemen yang baik
    Manajemen dalam pabrik harus diatur dengan baik, ini juga menjadi tugas manajer pabrik agar operasional dan system perusahaan bisa berjalan seimbang.
  • Menjalin hubungan baik dengan klien
    Jika ingin pabrik maju maka manajer harus bisa menjalin hubungan baik dengan klien dan juga pihak lain sebagai investor.
  • Meningkatkan kwalitas produksi
    Tugas manajer pabrik juga sebagai inovator untuk meningkatkan kwalitas produk.
  • Manajer menciptakan suasana kerja yang baik
  • Manajer harus bisa membentuk SDM yang handal dan profesional
  • Manajer harus mengetahui, memantau dan mengerti semua asset perusahaan yang dikelola pabrik

Gatis - Katalog KPI (Key Performance Indicators) Bagian Produksi + 3 Ebook Dahsyat tentang Ilmu Pengembangan Diri. Download Sekarang.

Free Ebook & Katalog KPI Produksi

Ya, Saya Mau Katalog KPI Produksi + 3 Buku Bagus tentang Ilmu SUKSES secara GRATIS!