Peran Ilmu Teknik Elektro dalam Industri dan Factory Management

Jika dalam perusahaan ada beberapa orang yang ahli mesin tentu dalam perusahaan tersebut tidak lengkap jika tidak ada ahli elektro. Ilmu teknik elektro juga menjadi bagian dari perusahaan terutama perusahaan industri. Ilmu ini bisa bekerja sama dengan disiplin ilmu lainnya dalam menciptakan inovasi yang lebih baik di perusahaan. Apa anda bisa memiliki perusahaan atau pabrik yang tidak memiliki seorang ahli elektro, bagaimana jika alat kantor rusak? Jika anda membayar orang luar tentu harganya lebih mahal dan kadang hasilnya tidak maksimal. Dengan seseorang yang menguasai ilmu teknik elektro anda tidak akan bingung ketika alat-alat pabrik mengalami kerusakan.

Ilmu teknik elektro pada dasarnya adalah ilmu yang mempelajari tentang aplikasi listrik yang berhubungan dengan perakitan, pengembangan,pembuatan dan pemeliharaan produk perangkat listrik yang diperlukan semua orang. Ilmu ini berhubungan dengan ilmu lainnya terutama ilmu permesinan. Jika teknik mesin bekerja sama dengan teknik listrik dalam industri atau pabrik maka operasional perusahaan akan lebih baik lagi. Teknik elektro yang berhubungan dengan listrik diterapkan dalam berbagai bidang dalam kehidupan. Ilmu ini bisa digunakan untuk pengembangan teknologi, riset atau percobaan produk baru, aplikasi dalam pengembangan alat-alat elektronik dan mesin dan juga pengembangan produk dan jasa elektronik.

Jika kita lihat ilmu teknik elektro sangat berperan dalam pembuatan berbagai produk yang ada di pasaran. Berapa banyak produk yang telah dikeluarkan perusahaan elektronik untuk mensuplay kebutuhan kita, tentu banyak sekali dan tak bisa dihitung secara detail. Dalam teknik elektro seseorang akan mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan terapan listrik yang diaplikasikan kedalam teknologi modern untuk inovasi produk dan sistem.

Tapi ilmu ini juga didukung oleh ilmu dasar yaitu kimia, matematika dan fisika. Terutama matematika, ilmu ini sangat penting untuk mendalami ilmu teknik elektro. Perhitungan yang matang dalam perakitan dan inovasi memerlukan ilmu matematika yang diaplikasikan kedalam teknik elektro. Dari beberapa disiplin ilmu dasar teknik elektro dibagi menjadi ilmu arus kuat dan arus lemah.

Arus kuat dalam teknik elektro mempelajari listrik tegangan tinggi sedangkan arus lemah mempelajari listrik arus lemah. Dalam industri kedua hal ini sangat diperlukan sehingga seorang yang memiliki ilmu ini banyak dicari perusahaan. Untuk arus lemah penerapan teknik ini difokuskan pada elektro control, elektro telekomunikasi dan komputer. Berikut beberapa kegunaan ilmu teknik elektro dalam perusahaan maupun bidang lainnya:

Gatis - Katalog KPI (Key Performance Indicators) Bagian Produksi + 3 Ebook Dahsyat tentang Ilmu Pengembangan Diri. Download Sekarang.

  • Perawatan
    Sangat penting bagi sebuah perusahaan untuk melakukan perawatan berkala pada alat-alat elektroniknya. Dengan seorang atau beberapa tim yang menguasai teknik elektro maka perusahaan bisa menjaga dan mengurangi beban penyusutan pada alat elektroniknya terutama komputer.
  • Inovasi produk
    Jika perusahaan elektro ingin berinovasi, keberadaan ilmu teknik elektro ini adalah hal utama untuk melakukan inovasi produk. Inovasi ini untuk menghindari pesaing bisnis lainnya. Dengan adanya ilmu ini produk yang dihasilkan akan lebih baik lagi. Inovasi ini bisa digunakan untuk produk elektronika, telekomunikasi dan teknologi yang berhubungan dengan internet.
  • Pengembangan produk dan pengujian produk
    Jika perusahaan ingin memberikan yang terbaik bagi konsumen maka pengembangan produk dan pengujian produk harus dilakukan. Ilmu teknik elektro dipakai untuk pengujian produk terutama sistem elektonika, komunikasi dan industri alat-alat elektro lainnya.
  • Control system
    Pengontrolan atau pemantauan system dalam industri maupun perusahaan lainnya sangat memerlukan ilmu teknik elektro ini. Jadi sebisa mungkin perusahaan juga memiliki tenaga handal dalam bidang ini.

Gatis - Katalog KPI (Key Performance Indicators) Bagian Produksi + 3 Ebook Dahsyat tentang Ilmu Pengembangan Diri. Download Sekarang.

Free Ebook & Katalog KPI Produksi

Ya, Saya Mau Katalog KPI Produksi + 3 Buku Bagus tentang Ilmu SUKSES secara GRATIS!