Meminimalkan Biaya Produksi Dengan Manajemen Pemelihaan Mesin

Mengapa seorang pebisnis ingin meningkatkan incomenya harus memperhatikan pemeliharaan mesin? Apakah dengan mesin saja mereka bisa mendapatkan keuntungan yang besar, mungkinkah? Sebenarnya manajemen pemeliharaan mesin sangat penting bagi perusahaan terutama perusahaan industri. Anda tahu bagaimana sebuah pabrik besar bisa menghasilkan produk dengan cepat dan tepat, mereka tentu mempertimbangkan manajemen permesinan dalam industri tersebut. Tidak mungkin mesin pabrik bisa beroperasional jika manajemennya tidak baik.

Manajemen pemeliharaan mesin ini mendukung kelancaran proses produksi dan menimimalkan biaya perusahaan terutama biaya produksi. Pemeliharaan bukan semata agar mesin awet namun hal ini sebagian dari bisnis plan yang erat kaitannya dengan income yang diinginkan perusahaan.

Manajemen pemeliharaan mesin yang dirancang perusahaan merupakan perencanaan berkala dari perusahaan untuk memelihara mesin yang ada dengan penjadwalan tertentu untuk kelancaran operasional perusahaan. Mesin ini juga merupakan aktiva tetap perusahaan. Aktiva ini memang disusutkan namun pemeliharaan terhadap aktiva berupa mesin harus tetap dilakukan. Untuk melakukan pemeliharaan mesin ini setiap perusahaan tidaklah sama. Jadwal pemeliharaan tergantung dari masing-masing bidang usaha. Dalam manajemen pemeliharaan mesin ada tiga faktor yang harus diperhatikan diantaranya mesin apa saja yang akan dipelihara, bagaimana cara memelihara mesin tersebut dan kapan pemeliharaan itu dilaksanakan.

Dalam pabrik misalnya, tentu banyak mesin yang dimiliki, manajemen pemeliharaan mesin bisa dilakukan dengan mengklasifikasikan dulu mesin-mesin yang ada. Bila mesin cukup banyak maka pengklasifikasian bisa dilakukan per unit atau per divisi produksi barang. Akan lebih baik pula jika dalam perusahaan tersebut dilakukan sistem sentralisasi karena jumlah mesin yang ada cukup banyak. Dengan sistem ini akan memudahkan dalam pemeliharaan mesin pada wilayah yang berjauhan dalam suatu pabrik. Hal kedua dalam manajemen pemeliharaan mesin adalah penjadwalan. Karyawan bagian mesin bisa menjadwalkan kapan saja memelihara mesin pabrik untuk mengoptimalkan tugasnya. Jadwal pemeliharaan mesin ini bisa jangka pendek, menengah dan jangka panjang. Untuk jangka pendek pemeliharaan bisa dilakukan tiap hari, sedangkan jangka menengah dilakukan untuk mesin yang berproduksi bulanan.

Manajemen pemeliharaan mesin juga dilakukan dalam jangka panjang yaitu pemeliharaan menyeluruh dari semua mesin yang dimiliki. Pemelihara ini mengambil data dari pemeliharaan bulanan untuk memaksimalkan pemeliharaan jangka sedang tersebut.

Gatis - Katalog KPI (Key Performance Indicators) Bagian Produksi + 3 Ebook Dahsyat tentang Ilmu Pengembangan Diri. Download Sekarang.

Dalam pemeliharaan jangka panjang ini harus dilakukan dengan baik agar mesin tidak rusak total dan tetap beroperasi. Lalu bagaimana semua mesin tersebut bisa dipelihara dengan baik? Pemeliharaan ini mencakup semua hal yang berhubungan dengan mesin pabrik yang ada. Manajemen pemeliharaan mesin memerlukan kecakapan dan profesionalisme seorang tenaga mesin yang benar-benar menguasai permesinan. Pemeliharaan ini dilakukan oleh tenaga mesin terbaik dan harus dilakukan pelaporan yang berkala. Pelaporan terhadap hasil pemeliharaan ini sangat diperlukan untuk memaksimalkan pemeliharaan berikutnya.

Dari manajenen pemeliharan mesin ini, perusahaan bisa meminimalkan biaya namun perlu dipahami bahwa dalam pemeliharaan ini harus dilakukan perencanaan yang matang. Perencana pemeliharaan tentu saja tidak boleh sama dengan perencanaan produksi. Jadi jangan sampai pemeliharaan mesin bersamaan dengan proses produksi.

Karena mesin yang akan dipelihara memiliki kerumitan berbeda maka pihak terkait seperti bagian mesin harus bisa memilih mesin mana yang akan dipelihara terlebih dulu. Manajemen pemeliharaan mesin memiliki tingkat keberhasilan tinggi bila tenaga yang ditunjuk mahir dalam permesinan. Bila anda ingin meningkatkan income perusahaan, mesin adalah salah satu bagian produksi yang harus diperhatikan. Semakin baik pemeliharaannya maka semakin baik perusahaan dalam berproduksi.

Gatis - Katalog KPI (Key Performance Indicators) Bagian Produksi + 3 Ebook Dahsyat tentang Ilmu Pengembangan Diri. Download Sekarang.

Free Ebook & Katalog KPI Produksi

Ya, Saya Mau Katalog KPI Produksi + 3 Buku Bagus tentang Ilmu SUKSES secara GRATIS!