Materi Pelatihan Manajemen Produksi

Bisnis bukan hanya sekedar memikirkan keuntungan saja, karena di dalam berbisnis ada persaingan yang sifatnya sangat dinamis. Oleh karena itu, semakin ketatnya persaingan maka perusahaan pun dituntut untuk lebih bisa menciptakan peluang bukan hanya memanfaatkan yang ada saja. Sehingga, perusahaannya bisa terus berada di depan.

Selain pemasaran dan finansial, salah satu pengelolaan dalam bisnis yang penting untuk diperhatikan adalah pengelolaan atau manajemen produksi. Manajemen produksi ini harus cermat dan efisien, serta tepat guna untuk bisa selalu unggul dalam persaingan yang terjadi.

Dan untuk itu, sumber daya manusianya harus dioptimalkan, proses produksi yang memiliki flexibilitas, serta mutu yang unggul dan pelayanan yang tepat waktu. Demikian juga untuk lingkungan hidup serta sosial yang harus dipedulikan.

Apalagi, saat ini ilmu manajemen produksi dan operasi terus berkembang. Perkembangan ini terjadi karena adanya tuntutan dari pelanggan yang semakin hari semakin kritis untuk peningkatan produk agar lebih baik lagi.

Dalam hal perbaikan inilah maka persaingan pun semakin ketat. Dibutuhkan sistem manajemen produksi yang dikelola dengan efisien, yang terintegrasi mulai dari penilaian pada sourcing material, proses produksinya, hingga tinjauan desain dari produknya. Perusahaan sangat dituntut untuk mencapai titik tinggi pada setiap prosesnya.

Gatis - Katalog KPI (Key Performance Indicators) Bagian Produksi + 3 Ebook Dahsyat tentang Ilmu Pengembangan Diri. Download Sekarang.

Salah satu caranya adalah dengan melakukan metode atau model supply chain management. Sebuah cara untuk mengukur efisiensi pada setiap titik dalam proses yang sangat praktis untuk membantu pelaksanaan produksi dan lebih paham bagaimana cara mengoptimalkan rencana dan menjalankannya dengan cepat dan tepat.

Untuk proses pelatihan ini biasanya yang akan menjadi sasaran biasanya para entrepreneur yang masih merintis maupun yang sudah senior untuk bidang manufacturing ataupun jasa yang dalam proses produksinya membutuhkan rencana serta pelayanan yang tepat. Kemudian, para profesional yang ingin meningkatkan prestasinya di bidang manajemen produksi dan operasi ini. Tidak ketinggalan para pelaku bisnis agar lebih tajam dalam menangkap serta merealisasikan setiap peluang yang tersedia. Untuk setiap perusahaan dari mulai staff hingga manager produksi dan operasinya.

Dengan mengikuti pelatihan atau training ini, maka diharapkan para pelaku bisnis tersebut lebih paham akan konsep dari manajemen produksi atau operasi tersebut serta mengimplementasikannya dalam keadaan lingkungan yang dinamis.

Memiliki motivasi yang lebih untuk meningkatkan setiap kompetensi mulai dari perencanaan, pengendaliannya, hingga meningkatkan kinerja produksi yang lebih baik, lebih efisien, lebih efektif, dan lebih produktif.

Lebih peka dalam mengenali setiap kesempatan atau peluang yang harus dikembangkan untuk meningkatkan produksinya agar lebih unggul. Kemudian, masalah yang ada dan mengganggu kelancaran dalam proses pun bisa dipecahkan dengan segera. Pengaruh timbal balik dalam setiap keputusan strategi dalam berbisnis pun dengan proses prosuksi dan manajemennya pun lebih dipahami.

Dalam pelatihan untuk manajemen produksi tersebut, materi pun harus dirancang dengan sempurna agar peserta terarah dan paham hingga setiap pengetahuan yang diberikan data diimplementasikan oleh peserta secara nyata.

Topic yang dibahas antara lain forecasting, capacity planning, global sourcing, world class manufacturing, business process re-engineering, concurrent engineering, process streamlining, mass customization, six sigma, service operation, dan service wuality.

Beberapa cakupan atau silabus materi dalam pelatihanya antara lain manajemen produksi atau operasi, strategi produksi atau operasi, manajemen material, manajemen kualitas terpadu, manajemen produktivitas, manajemen operasi layanan, dan simulasinya.

Untuk manajemen operasi, maka pelatihan dan materi diberikan dimana di dalamnya ditentukan tempat atau lokasi produksi dengan tata letak produksinya, tenaga kerja dan pengaturannya, penentuan kapasitas dan teknik forecastingnya, serta perencanaan berikut pengendalian produksinya.

Strategi yang manajemen produksi rancang dalam proses produksi tersebut harus selaras dengan strategi apa yang perusahaan miliki.

Juga, dengan dinamika strategi operasi dan global sourcing serta integrasi vertical dan world class manufacturing. Manajemen material yaitu mencakup manajemen pembelian, optimalisasi manajemen persediaan, sistem Kanban, JIT atau Just in Time, serta manajemen distribusi.

Sementara untuk manajemen kualitas terpadu, mulai dari efek kualitas terhadap kinerja perusahaan, apa saja teknik-teknik pencegahannya, pengukuran serta pengendalian kualitasnya, quality system, ISO, benchmarking, total quality management, business process re-engineering, concurrent engineering, process streamlining, mass customization, dan six sigma.

Untuk manajemen produktivitas, materi meliputi pengukuran serta berbagai cara bagaimana meningkatkan produktivitas, serta pengukuran dan perbaikan untuk metode kerja, matriks, ergonomic, dan obyektif.

Manajemen operasi pelayanan, materinya meliputi karakteristik bisnis untuk layanan jasa, analisisnya, dan rancang jasanya.

Manajemen kapasitas serta permintaan pelayanannya, manajemen kualitas layanan, serta aspek manusia juga organisasi dalam usaha pelayanan dan strategi produksi atau operasi layanannya. Terakhir, dalm cakupan simulasi atas materi keseluruhannya diterapkan. Berbagai konsep tersebut dipadukan dan dibuat suatu keputusan dan dilihat hasil dari keputusan tersebut bagaimana.

Selain cakupan materi tersebut, ada juga beberapa pembahasan materi dalam pelatihan manajemen produksi yang tidak akan ketinggalan untuk diberikan untuk dipahami dan diimplementasikan kemudian.

Pertama yaitu integrasi people-process-techology dengan peninjauan khusus model SCM dan pengembangannya ke dalam bentuk usulan bagi perusahaan yang sederhana.

Kedua, managemen process dimana model yang digunakan dan dikembangkan yaitu process value analisys.

Ketiga, operational process, selain mendefinisikan proses kerja yang ada, proses tersebut kemudian dikembangkan secara sederhana.

Keempat, product design and development yang menganalisis konsep dasar dari industrial product kemudian diterapkan dalam proses produksi yang lebih efektif dan efisiens.

Keseluruhan materi ini sangat penting dalam peningkatan atau keunggulan suatu perusahaan untuk dapat bersaing dalam pertumbuhan ekonomi saat ini.

Gatis - Katalog KPI (Key Performance Indicators) Bagian Produksi + 3 Ebook Dahsyat tentang Ilmu Pengembangan Diri. Download Sekarang.

Free Ebook & Katalog KPI Produksi

Ya, Saya Mau Katalog KPI Produksi + 3 Buku Bagus tentang Ilmu SUKSES secara GRATIS!