Jangan Hanya Kuasai Teknik Mesin dan Elektro saja, Kuasai Juga Teknik Industri

Apakah anda puas hanya dengan menguasai satu ilmu saja, kalau bisa tentu anda ingin menguasai semua ilmu. Ilmu teknik industri misalnya, ilmu ini sangat konkrit kaitannya dengan pengembangan industri walaupun ilmu ini hanyalah sebuah teori.

Dari teori ini timbullah gagasan baru dalam berbagai inovasi yang dikembangkan dengan teknologi terbaru. Ilmu memang tak lepas dari teknologi apalagi jika ilmu tersebut berhubungan dengan kesejahteraan manusia. Apakah anda bisa membuat pabrik tanpa menggunakan teori dari berbagai ilmu? Mustahil akan terbentuk pabrik yang bagus dan bermutu. Setidaknya ilmu yang digunakan adalah manajemen, ilmu elektro, ilmu teknik mesin dan juga ilmu teknik industri.

Dari ilmu teknik industri ini proses produksi mudah dijalankan, bukan hanya itu saja namun teknik industri juga difungsikan unttuk melayani berbagai kebutuhan manusia akan produk yang dijalankan pada pabrik-pabrik. Proses menuju keseimbangan yang dijalankan di pabrik sangat tergantung dari bagaimana penerapan teknik industri yang dijalankan.

Jika ingin industri yang baik dan menghasilkan produk berkwalitas, ilmu ini cukup membantu dalam mengimplementasikan gagasan sumber daya manusia yang ada didalamnya. Ilmu teknik industri mencakup berbagai ilmu diantaranya matematika, fisika, kimia dan ilmu manajemen atau ekonomi. Ilmu teknik industri merupakan ilmu gabungan yang mempelajari perancangan, perbaikan, inovasi dan juga pemeliharaan yang menyangkut sumber daya yang ada dalam proses industri. HR strategy slides for your team.

Ilmu teknik industri juga erat kaitannya dengan ilmu yang lain. Ada beberapa poin dari ilmu elektro dan imu teknik mesin yang digabungkan dalam teknik industri. Hal ini memang sengaja diimplementasikan untuk mengembangkan pola yang lebih konkrit lagi. Dalam industri tak cukup hanya satu ilmu saja yang digunakan. Semakin banyak disiplin ilmu yang diterapkan maka industri tersebut bisa menjadi lebih baik dan berkembang. Ilmu teknik industri ini mencakup tiga hal yaitu manajemen industry, sistem industri dan tekno ekonomi dan sistem manufaktur.

Gatis - Katalog KPI (Key Performance Indicators) Bagian Produksi + 3 Ebook Dahsyat tentang Ilmu Pengembangan Diri. Download Sekarang.

Berikut beberapa kegunaan ilmu teknik industri:

  • Perencanaan
    Dalam perkembangannya ilmu teknik industri difungsikan sebagai perencanaan dalam penggunaan metode kerja yang lebih baik dan efisien. Perencanaan ini nantinya akan diterapkan pada produksi produk dalam industri.
  • Pemilihan alat produksi yang tepat
    Dalam industri harus dipertimbangkan pula alat-alat yang aka digunakan untuk produksi. Dengan penerapan disiplin ilmu teknik industri ini akan dipilih alat yang tepat dan sesuai untuk setiap produksi.
  • Perencanaan dan pembuatan manajemen
    Teknik industri juga berguna untuk merencanakan dan membuat manajemen dalam pabrik seperti pembuatan gudang yang baik, pembuatan sarana produksi dan juga pembuatan dan perencanaan tentang sumber daya lainnya yang berkaitan dengan produk.
  • Perbaikan manajemen Produksi
    Fungsi lainnya adalah perbaikan manajemen produksi sehingga kwalitas produk bisa terus ditingkatkan.
  • Pengendalian biaya produksi
    Dengan memanfaatkan ilmu teknik industri, perusahaan bisa meminimalkan biaya dalam produksi. Ilmu ini sangat membantu untuk menganalisa biaya produksi baik langsung maupun tidak langsung.
  • Pengawasan persediaan
    Jangan salah, ilmu teknik industri ini juga berperan untuk pengawasan persediaan bahan baku, bahan setengah jadi maupun produk yang sudah jadi.
  • Mengendalikan kwalitas
    Dengan metode-metode yang dipilih dalam teknik industri yang tepat maka akan dihasilkan kwalitas produk yang lebih baik.

Mengingat disiplin ilmu teknik industri ini tak bisa lepas dari ilmu lainnya maka dalam suatu perusahaan bisa mengkombinasikan berbagai disiplin ilmu untuk peningkatan kwalitas produk.

Gatis - Katalog KPI (Key Performance Indicators) Bagian Produksi + 3 Ebook Dahsyat tentang Ilmu Pengembangan Diri. Download Sekarang.

Free Ebook & Katalog KPI Produksi

Ya, Saya Mau Katalog KPI Produksi + 3 Buku Bagus tentang Ilmu SUKSES secara GRATIS!