Contoh SOP Bagian PPIC (Production Planning and Inventory Control)

Penerapan SOP bagian PPIC ditujukan untuk melakukan pengelolaan produksi dan penyimpanan produk hasil proses produksi pada perusahaan. Kegiatan PPIC ini dijalankan untuk memahami keinginana konsumen yanh ingin dilayani dengan sepenuh hati dan tidak membutuhkan waktu yang lama.

Sebelum lebih jauh membahasan mengenai SOP bagian PPIC (Production Planning and Inventory Control), sebaiknya anda memahami terlebih dahulu segala ulasan rinci yang ada dalam bahasan berikut ini yaitu :

Mengenal SOP (Standard Operating Procedure) Perusahaan
SOP (Standard Operating Procedure) merupakan panduan jelas bagi setiap perusahaan yang ingin melakukan tindakan operasional didalamnya. Keberadaan SOP (Standard Operating Procedure) ini memiliki fungsi dasar yang vital bagi perusahaan.

Fungsi dasar yang diberikan oleh rincian SOP (Standard Operating Procedure) pada perusahaan ini diantaranya yaitu :

1. Dijadikan rujukan informasi bagi kegiatan operasional yang dilakukan pembaharuan setiap saat
Alur pemasaran serta alur pengiriman bahan baku produksi pada perusahan biasanya dilakukan oleh bagian logistik pada perusahaan untuk melaksanakan tugas yang senantiasa mengakibatkan perubahan alur rujukan data pengelolaan barang produksi. Hal ini semua diatur dalam SOP untuk bahan pemberian informasi.

Gatis - Katalog KPI (Key Performance Indicators) Bagian Produksi + 3 Ebook Dahsyat tentang Ilmu Pengembangan Diri. Download Sekarang.

Sekecil apapun perubahan alur yang dilakukan oleh perusahaan sebaiknya dilakukan pencatatan dalam sebuah alur SOP perusahaan.

2. Dijadikan arsip pencarian mengenai kegiatan operasional, penilaian dan perbaikan produk perusahaan

SOP (Standard Operating Procedures) merupakan barang bukti otentik atau asli yang berisi tentang alur pekerjaan pada masing – masing bagian kerja di perusahaan. Keberadaan SOP (Standard Operating Procedures) ini dapat dijadikan bahan dasar audit jaminan mutu yang dilaksanakan oleh perusahaan secara berkala sehingga perbaikan produksi setiap saat dapat terjalankan.

Fungsi dasar tersebut diupayakan oleh perusahaan untuk bisa dijalankan dalam aktivitas produksi perusahaan.

Untuk itulah, tak heran jika banyak perusahaan yang menyelenggarakan SOP bagian PPIC di perusahaannya. Pengertian serta tugas pelaksana PPIC yang disesuaikan dengan SOP ini dapat anda ketahui dalam bahasan singkat berikut ini yaitu :

– Pengertian PPIC
Bagian kerja yang menjembatani beberapa bagian kerja lainnya seperti halnya bagian marketing atau pemasaran, bagian produksi, bagian HRD, bagian keuangan serta masih banyak lagi bagian kerja yang berhubungan dengan pelaksanaan pengelolaan material secara tepat baik dari sisi waktu, jumlah, mutu maupun biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan.

– Tugas pelaksana PPIC
a. Memenuhi permintaan contoh produk dari bagian marketing perusahaan serta melakukan pemantauan dalam proses pembuatan contoh produk ke tangan konsumen langganan

b. Menyusun rencana pengadaan bahan yang didasarkan atas forecast dari marketing melalui pemantauan kondisi stock barang yang akan diproduksi

c. Melakukan monitoring pada bagain inventory pada proses produksi, penyimpanan barang di gudang maupun yang akan didatangkan pada perusahaan sehingga saat proses produksi yang membutuhkan bahan dasar bisa berjalan dengan lancar dan seimbang

d. Membuat jadwal proses produksi sesuai dengan waktu, routing dan jumlah produksi yang tepat sehingga menjadikan waktu pengiriman produk pada konsumen bisa dilakukan secara optimal dan cepat

e. Menjaga keseimbangan penggunaan mesin perusahaan sehingga tidak ada mesin produksi yang overload atau malah jarang digunakan oleh perusahaan produksi

f. Melakukan komunikasi dengan bagian marketing untuk memastikan penyelesaian masalah produksi

g. Memberikan informasi yang akurat dana terpercaya pada seluruh bagian karyawan perusahaan

Gatis - Katalog KPI (Key Performance Indicators) Bagian Produksi + 3 Ebook Dahsyat tentang Ilmu Pengembangan Diri. Download Sekarang.

Free Ebook & Katalog KPI Produksi

Ya, Saya Mau Katalog KPI Produksi + 3 Buku Bagus tentang Ilmu SUKSES secara GRATIS!