Apa itu Supply Chain Management dan Apa Perannya dalam Strategi Bisnis?

Supply Chain Management dapat disebut sebagai manajemen rantai suplai yang dilakukan oleh beberapa perusahaan produksi di Indonesia. Secara etimologis, supply chain management ini diartikan sebagai “proses payung” yang membuat produk yang diproduksi bisa dipasarkan pada konsumen dengan sudut pandang structural.

Peran produsen cukup besar jika dipandang dengan menggunaka supply chain management.

Tujuan utama yang ingin dicapai dari penerapan supply chain management ini ialah untuk memaksimalkan nilai yang dihasilkan secara keseluruhan oleh perusahaan.

Dengan kata lain, rantai suplai yang dilakukan pada proses ini menjadi terintegrasi sehingga mampu meningkatkan keseluruhan nilai dari pelaksanaan supply chain management. Beberapa ulasan detail mengenai supply chain management ini dapat anda temukan dalam bahasan berikut ini yaitu :

Macam – Macam Supply Chain Management
Beribacara mengenai macam – macam supply chain management ini tentunya anda akan bisa memiliki kepekaaan untuk melihat perbedaan jenis supply chain management. Beberapa jenis supply chain management ini sendiri terdiri atas yaitu :

Gatis - Katalog KPI (Key Performance Indicators) Bagian Produksi + 3 Ebook Dahsyat tentang Ilmu Pengembangan Diri. Download Sekarang.

a. Rantai suplai hulu / upstream supply chain
Bagian rantai suplai hulu ini menempatkan perusahaan manufaktur sebagai penyalur dan koneksi atau penghubung pada para konsumen atau reseller yang melakukan pemasaran produk mereka. Bentuk aktivitas utama yang dijalankan pada jenis supply chain management yang pertama ini ialah pengadaan produk perusahaan.

b. Internal supply chain management
Bagian supply chain management yang kedua ini diartikan sebagai proses input bahan mentah ke gudang yang selanjutnya ditransformasikan menjadi bahan dasar penyaluran yang dilakukan oleh perusahaan. Hal ini dilakukan secara terus menerus oleh perusahaan untuk bisa menghasilkan output produksi yang berkualitas bagi perusahaan. Dalam internal supply chain management ini memiliki aktivitas utama yang terdiri atas manajemen produksi, pabrifikasi serta pengendalian persediaan produk yang dilakukan oleh perusahaan.

c. Downstream supply chain management
Pada jenis yang ketiga ini, manajemen rantai suplai melakukan kegiatan yang terdiri atas semua aktivitas pemasaran produk perusahaan mulai dari pengiriman produk ke pelanggan atau konsumen. Aktivitas utama pada jenis supply chain management ketiga ini antara lain yaitu pengaturan arah distribusi, sistematika pergudangan, transportasi dan akvitas akhir pelayanan pengiriman produk.

Penerapan supply chain management ini membutuhkan input pengolaan terlebih dahulu didalamnya. Beberapa data yang melandasi penerapan supply chain management ini diantaranya yaitu :

1. Distribusi produk
Distribusi produk diartikan sebagai penyebaran produk yang dilakukan guna mendapatkan link penjualan yang tersebar merata. Unsur input supply chain management ini terdiri atas jumlah dan lokasi supplier, ketersediaan fasilitas produksi, pusat produksi serta keberadaan gudang dan konsumen di pasaran.

2. Strategi distribusi yang dijalankan
Untuk mengoptimalkan produksi perusahaan dan penyebaran produk perusahaan pada beberapa konsumen, dibutuhkan strategi distribusi yang tepat. Unsur input yang kedua ini terbagi atas metode persebaran desentralisasi dan sentralisasi, melalui bantuan orang ketiga ataupun melalui startegi penjualan langsung.

3. Manajemen inventarisasi
Pencatatan dalam proses supply chain management ini sangat dibutuhkan guna mendapatkan kauntitas dan lokasi pemasaran yang tercatat secara nyata sehingga produksi berikutnya pada perusahaan bisa terpetakan secara jelas.

4. Aliran dana
Input penjelasan data mengenai perusahaan ini dibutuhkan untuk jalannya sistem supply chain management yang terarah. Pengaturan mengenai aliran dana dalam supply chain management ini dilakukan dengan pembuatan syarat pembayaran dan metodologi untuk melakukan aktivitas transaksi produk.

Gatis - Katalog KPI (Key Performance Indicators) Bagian Produksi + 3 Ebook Dahsyat tentang Ilmu Pengembangan Diri. Download Sekarang.

Free Ebook & Katalog KPI Produksi

Ya, Saya Mau Katalog KPI Produksi + 3 Buku Bagus tentang Ilmu SUKSES secara GRATIS!